Oleh: Husain Assa'di
“The capitalist system since its inception has been expanding in two directions, extensively and intensively. The final phase of capitalism’s extensive enlargment started with the wave of colonization of the late nineteen and early twentieth century and concluded in the 1990s with the reincorporation of the former soviet bloc and thirdworld revolutionary countries. Under globalization, the system is undergoing a dramatic intensive expansion. Globalization is creating uneven spaces that support material basis for human societies and is changing the whole institutional organization array.”
Hasil akhir dari bekerjanya sistem-sistem pengaturan ala kapitalisme dan globalisme adalah apa yang dikonseptualisasikan sebagai pengaturan-pengaturan berbasiskan kesepahaman antar bangsa (antar negara) dengan apa yang disebut sebagai Transnational States (TNSs). Dalam konsep TNSs, kedaulatan negara dunia ketiga terkooptasi dan terkolonisasi oleh kekuatan politik antar negara yang berjejaringan secara transnasionalitas, dimana keputusan-keputusan yang diambil seringkali merugikan kepentingan negara-negara periferal. Castel (2001) mengemukakan bahwa globalisme telah menghempaskan bencana ekonomi, politik, dan budaya menuju sebuah cengkeraman hegemoni kapitalisme.
Pada titik inilah bangsa-bangsa periferal, termasuk Indonesia mengalami tragedi multidimensi seperti saat ini.
Indeks Pencapaian Teknologi | 60 dari 72 Negara (UNDP, 2001) |
Rasio Tenaga Peneliti | 0,5 per 1000 pekerja |
Kepemilikan Televisi | 153/ 1000 orang |
Kepemilikan Komputer | 11,9 dari 1000 orang (world Bank, 2004) |
Pengguna Internet | 39/1000 orang ; Di AS (553/1000 orang), Thailand (78/1000 orang), Singapore (504/1000) (world bank, 2004) |
Indeks Daya Saing | 72 dari 102 (WEF, 2004) |
Indeks Pembangunan MAnusia | 112 dari 175 negara yang disurvei (UNDP, 2003) |
Belanja Pendidikan | 0,93 % GDP (IMD, 2003) |
Tingkat Inflasi Sampai Desember 2005 | (diperkirakan) 18 % -Sumber Siaran Pers BI |
Jumlah angkatan kerja | 106 juta (BPS, 2005) |
Tingkat PEngangguran | 9,86 % (10, 8 juta penagguran terbuka dan 29,6 juta pengangguran setengah terbuka)- BPS 2004 |
JUmlah Penduduk Miskin | 61, 3 juta penduduk atau 15, 325 Juta penduduk (Data BPS versi Bulan Februari 2005) |
Jumlah Penduduk miskin Perdesaan | 41 Juta (BPS, 2005) |
Jumlah Penduduk Miskin PErkotaan | 20.3 juta (BPS, 2005) |
Rasio penduduk perdesan/perkotaan | 122,7 juta : 94.3 atau 56 : 44 (BPS, 2005) |
Pendapatan Perkapita Indonesia | $ 830 /tahun atau $69/bulan= Rp. 690.000/bulan (statistic Indonesia 2003) |
Indeks Korupsi dari Political and Economic Risk Consultancy (PERC) 2005 | Indeks 9,44 (dari skala 10, dengan 0 paling bersih dan 10 paling korup) |
PEringkat Korupsi | Peringkat ke 6 terkorup dari 156 negara (survei Tahunan TII, 2005) |
School life expectancy and transition from primary to secondary for school years 1998/99 and 1999/00 | Negara ke 75 dengan penduduk terdidik Source : http://www.nationmaster.com |
Civil and political liberties-Index Ranging from 7 (High Levels of Liberties) to 1 (Low)This is the average of two indicators - civil liberties and political liberties | Negara ke 73 ( skor 3,5) Source : http://www.nationmaster.com |
IPM rata-rata nasional meningkat dari 64,3 pada tahun 1999 menjadi 65,8 pada tahun 2002. | |
Konsentrasi penduduk sekitar60 persen ada di Pulau Jawa yang luasnya hanya 6,7 persen dari wilayah Indonesia (BPS, 2005) | |
199 kabupaten dari 440 kabupaten/kota di Indonesia, yang merupakan daerah tertinggal. Dua puluh diantaranya merupakan kawasan-kawasan perbatasan (Pidato Presiden di Hadapan DPD, Agustus 2005) | |
proporsi penduduk yang tinggal di perkotaan meningkat dari 35,9 persen di tahun 1995, menjadi 48,3 persen di tahun 2005 (BPS, 2005) | |
Data kemiskinan BKKBN tahun 1998 sebesar 17,17 persen dari total keluarga. Angka ini meningkat menjadi 27,99 persen (1999), 30,78 persen (2000), 30,52 persen (2001), dan mencapai 31 persen pada tahun 2002 yang merupakan data terakhir. Adapun data BPS menurun dari 24,2 persen tahun 1998, 23,5 persen (1999), 19,4 persen (2000), dan terus menurun hingga mencapai 17,92 persen tahun 2003. | |
Data Bank Dunia yang disajikan dalam CGI Brief tahun 2003 menunjukkan bahwa pada tahun 2002 sebesar 7,4 persen penduduk berpendapatan sehari di bawah 1 dolar AS. Jika garis kemiskinan digeser ke atas menjadi 2 dolar AS per hari, jumlah penduduk miskin akan menjadi sebesar 53,4 persen. |
Pertanyaannya adalah, bagaimana menyelesaikan masalah ini? dalam tingkat lokal, nasional, regional dan global. Dari mana masalah ini bisa diselesaikan?
Alain Touraine dan Manuel Castel (1985) menyebut beberapa tipologi alternatif untuk keluar dari masalah di atas. Hal ini di gambarkan sebagai berikut:
| Emergent group identity (Vision) (Low-> Hi) | |
Emergent Anti-institutional Awareness (Low-> Hi) | Revolutionary movement | Social Liberation |
Cultural Movement | Proffesional reform movement |
Dari keempat tipologi diatas, John Hannigan menyebut bahwa Social Liberation, memiliki daya dorong yang paling tinggi untuk sebuah perubahan. Pembebasan sosial adalah gerakan yang visioner dan mendasar. Oleh karenanya bila ingin keluar dari jeratan kapitalisme global bangsa-bangsa yang terjerat dalam kungkungan kapitalisme mestinya tidak berjuang lewat jeratan yang ada dan visi ideologi yang dihasilkan dari ideologi ini.
Bacaan Lebih Lanjut :
Harper, C.L. 1989. Exploring Social Change. Prentice Hall. New Jersey
Robinson. W.I. 2001. Social Theory and Globalization: The Rise of Transnational State. Theory and Society.
Castel,S. 2001. Studying Social Transformation. International Political Science Review.
Friedman.1999. Indigenous Struggles and discreet Charm. Journal of Wolrd System Research.
data pendukung undp, dll
No comments:
Post a Comment